SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO TELAH MEMBUKA PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN AJARAN 2021/2022

Kontak Kami


SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO

NPSN : 20301881

Jl.Perintis Kemerdekaan NO.6 Purwokerto 53141


smpmuh1pwt@yahoo.com

TLP : (0281) 637782


          

Pencarian

Pesan Pendidikan dari Muhammadiyah




Bertempat di Masjid A.R. Fachruddin, SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto, Dr. Ibnu Hasan, M. Si Menjadi pembicara dalam in house training bagi guru dan karyawan SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Kegiatan yang dilaksanakan Sabtu, 18 September 2021 tersebut menerapkan protokol kesehatan.


     Adapun topik yang diangkat oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah tersebut adalah hakikat, visi, dan misi pendidikan dalam perspektif Muhammadiyah. Secara khusus dijelaskan bahwa hakikat pendidikan dalam Muhammdiyah adalah pendidikan Islam yang berwatak modern, holistic, dan berkemajuan. Kemodernan dalam pendidikan itu mesti dipahami Muhammadiyah terbuka dan senantiasa menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan konteks zaman. Ini aplikasi sikap moderat yang dijunjung tinggi Muhammadiyah.


     Keholistikan itu dicerminkan dengan tidak memisahkan antara antara ilmu pengetahuan dan keimanan, keduanya berjalan seiring sejalan. Iman berfungsi menjadi kompas etis dan moral yang memandu rasio. Dengan memadukan keduanya, Muhammadiyah memproyeksikan sebuah gagasan pendidikan berkemajuan yang diispirasi dan diwarisi dari sosok K.H. Ahmad Dahlan semasa hidupnya.


     Visi utama dalam pendidikan muhammadiyah adalah menciptkan individu atau pribadi pembelajar. Diharapkan setiap insan selalu termotivasi untuk selalu meningkatkan kapasitas diri dengan mampu dan mau bersikap kritis untuk tujuan kemajuan diri, persyarikatan, dan lebih dari itu menembus batas-batas primordial.


    Untuk mewujudkan visi yang mulia itu, pendidikan Muhammdiyah mengusung misi spiritual makrifat, membentuk manusia berkemajuan yang cerdas, mengembangkan karakter mandiri, kecakapan hidup, mengapresiasi seni, dan membentuk kader persyarikatan Muhammdiyah.


     Dengan program unggulah ICT, intensif, Saturday Fun, dan Boarding, SMP Muhammdiyah sebagai salah satu sekolah menengah pertama tertua di Banyumas menjadi corong sekaligus tolok ukur pendidikan sekolah Muhammadiyah di Banyumas. (*)


 


Reporter: Bowo


Gambar: dokumentasi humas SMP MUH 1 PWT



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas