SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO TELAH MEMBUKA PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN AJARAN 2021/2022

Kontak Kami


SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO

NPSN : 20301881

Jl.Perintis Kemerdekaan NO.6 Purwokerto 53141


smpmuh1pwt@yahoo.com

TLP : (0281) 637782


          

Pencarian

Login member

Username:
Password :

Cerita-cerita Seru dan Asyik Menjalani Puasa




Ramadan selalu menjadi momen yang ditunggu muslim di seluruh dunia. Selain ritual maghdah, Ramadan juga identik dengan tradisi yang khas pada setiap tempat sesuai dengan latar kebudayaannya. Seperti di Indonesia, kita mengenal tradisi membangunkan sahur, tradisi kuliner, tradisi bermain petasan, dan sebagainya.


Pekan ini, kawan-kawan dari kelas 7 SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto akan berbagi pengalaman berkesan mereka dalam menjalani awal puasa Ramadan 1442 H alih-alih, menularkan semangat dan optimisme kepada siapa saja dalam menjalani Ramadan dalam  suasana pandemi.


Saya telah membaca 56 pengalaman yang mereka kirim via email. Setelah mencermati, saya memutuskan untuk menayangkan beberapa kisah pengalaman yang menarik dan inspiratif. Mari kita simak pengalam seru mereka!


Saat puasa, saya mengalami hal-hal yang begitu indah: sahur bersama keluarga, salat subuh  berjamaah. Selanjutnya, untuk mengisi waktu, saya sempatkan bermain gawai dan tidur siang sebentar. Selain itu, saya membantu ibu membuat (makanan) kraca hingga mengantarnya ke tempat langganan. Sorenya, saya pergi mengaji. Setelah membantu ibu mengiapkan hidangan buka puasa, saya sempatkan main gawai hingga datang waktu berbuka. (Salsabila Miftha Nur Aini, 7B)


Hari pertama Ramadan, saya dan keluarga menjalankan ibadah puasa. saya dan adik saya libur sekolah (daring). senang sekali rasanya berpuasa bersama keluarga. Kami makan bersama di saat sahur dan buka puasa. Hal yang sangat jarang kami lakukan di hari biasa.


Buka puasa hari pertama, mama saya masak soto. Soto adalah salah satu makanan kesukaan saya. Mama juga menggoreng bakwan sebagai lauknya. Untuk minumannya, mama membuat air jeruk hangat. Kami berbuka puasa dengan penuh suka cita. (Reswara Adhyasta, 7A)


 


Tak melulu pengalaman yang menggembirakan, seperti kawan kita satu ini, ia justru mengalami sakit saat menjalani puasa. Semangat! Boleh kok ada sedihnya, tapi, tapi tipis-tipis saja.


Saya mengalami pengalaman yang kurang enak di hari pertama berpuasa. Seperti di tahun kemarin, kejadian ini terulang lagi. Saat hari pertama berpuasa, saya sempat mengalami kendala, sejak dua hari sebelum puasa, saya mengalami batuk, panas dalam dan bibir pecah pecah (sariawan). Pada saat sahur di hari pertama, saya mengalami kesulitan saat makan dan rasa sakit karena bibir saya pecah. Tapi, sakit saya sembuh setelah hari kelima berpuasa. (Rico Isnanto, 7C)


               Lalu, ada cerita pengalaman seru yang ditulis secara panjang lebar dan detail oleh kawan kita satu ini. Sepertinya, dia punya bakat menulis. Mari kita simak keasyikannya bercerita.


Ramadan kali ini berbeda. Puasa pertama, aku di rumah ayah. Puasa di lingkungan yang berbeda, seruuu banget. Setiap jam setengah tiga pagi, ada yang keliling buat bangunin sahur. rumahku yang di Purwokerto ngga ada yang seperti itu.


Aku berniat dibulan puasa ini bisa puasa full dan khatam al-Quran seperti puasa taun lalu. Bismillah,pasti bisa!


Selesai sahur, aku ditugaskan untuk cuci piring, dan selalu biasa aku kerjakan tugas itu dengan baik. Kalau ditanya tugas rumah yang paling aku sukai, jawabannya adalah cuci piring, mengepel lantai, dan merapikan tempat tidur. Karena seru aja gituu, bisa mainan air, beres beres.


Oiya, kemarin speaker masjid sempat rusak karna anak muda bangunin sahur seperti mengajak tawuran. Alhasil, kemarin, seharian ngga ada suara azan berkumandang.


Selesai cuci piring, aku rapi-rapi meja makan, biar bersih. Dan selesai itu, aku menonton tv sambil menunggu azan subuh dari masjid lain yang lebih jauh.


Udah azan subuh, waktunya salat. Ambil wudu, terus salat deh.


Selesai subuhan, dzikir subuh dan baca al-Quran sambil menunggu matahari terbit. Karna waktu itu libur belajar daring, aku tidur lagi deh.


Bangun tidur, emm liat hp sebentar terus merapikan tempat tidur biar nyaman diliat. Habis itu, siap-siap mandi deh. selesai mandi, aku disuruh menjaga adik sepupuku, dia masih bayi. Nah, ini kegiatan yang paling seru, "menjaga bayi".


Ngga terasa udah Zuhur, ambil wudu salat lalu ngaji sebentar dan lanjut jaga bayi.


Selesai jaga bayi, aku ditugaskan untuk mengepel. Seruu banget.


Nah udah adzan ashar nii, ambil wudhu salat ashar dan ngaji sebentar. Selesai itu, aku main ayunan di halaman belakang. Setiap jam 5 sore, aku mecari takjil untuk berbuka puasa. Banyak yang jualan, termasuk santri juga.


Selesai membeli takjil, aku langsung buat teh hangat untuk berbuka puasa, memasak nasi dan lain-lain untuk berbuka puasa.


Alhamdulillah, adzan Maghrib. Minum teh hangat dulu dab ngemil sedikit. Ambil wudu salat magrib  dan baca al-Quran sebentar.


Selesai itu, aku langsung makan besar. Selesai makan, aku menonton tv sambil menunggu azan isya.


Sudah azan, aku cepat cepat ambil wudu dan siap siap ke masjid. Karna kalau telat, nanti ngga kebagian tempat untuk sholat.


Selesai sholat teraweh, aku mainan petasan sebentar di halaman belakang rumah, habis itu aku cuci piring, merapikan meja makan, dan wudu lagi sebelum baca al-Quran lagi.


Setelahnya, aku mainan hp dan tidur. Tamat.


Kira kira segitu pengalaman puasa ramadanku, panjang yaa, hehe. Jadi curhat ni. Udah segitu aja makasii udah mau baca, nanti lagi yaa papai~ (Andara Cleo Anjani, 7B)


 


Cerita-cerita yang telah kita baca mengajarkan sebuah makna mendalam bahwa dalam berpuasa, kita mesti tetap produktif. Lebih penting dari itu, selalu gembira dalam menjalankan ibadah.


 


 


Penulis Salsabila Miftha Nur Aini, Reswara Adhyasta, Rico Isnanto, dan Andara Cleo Anjani; mereka adalah pelajar aktif SMP MUhammadiyah 1 Purwokerto.


Editor    : Mufti Wibowo.


sumber gambar: gotravelly.com



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :

Pengirim : Mrs Rufi -  [rufiahasrianti45@guru.smp.belajar.id]  Tanggal : 28/04/2021

Senyum² sendiri baca cerita dari Andara Cleo. Mirip sekali dengan kegemaran Mrs.Rufi dibulan ramadhan tahun ini. Emmh ada tambahan sih kalau Mrs Rufi suka sekali nyetrika. Hehehe. Semoga tahun ini khatam lagi yaa. Big hug.


Pengirim : Sri Rahayuningsih -  [srahayuningsih278@gmail.com]  Tanggal : 20/04/2021

Alhamdulillah ternyata walaupun pembelajaran daring tidak menyurutkan semangat anak2 utk menulis dan terus belajar, terimakasih anak2u yg pinter soleh/ah dan baik hati



   Kembali ke Atas