SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO TELAH MEMBUKA PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN AJARAN 2021/2022

Kontak Kami


SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO

NPSN : 20301881

Jl.Perintis Kemerdekaan NO.6 Purwokerto 53141


smpmuh1pwt@yahoo.com

TLP : (0281) 637782


          

Pencarian

Login member

Username:
Password :

Inspirasi dan Spirit 108 Usia Muhammadiyah




gambar: dok. humas smpm1pwt


 


Muhammadiyah telah menggenapkan usianya yang ke-108 November 2020. Usianya yang jauh lebih tua daripada Indonesia yang pada bulan tahun yang sama berusia ke-75. Sejak didirikan, Muhammadiyah adalah gerakan dakwah dengan spirit amar makruf nahi munkar sekaligus tajdid (pembaruan dan berkemajuan).


      Sebagai pemilik saham sekaligus embrio dan turut membidani lahirnya Indonesia, Muhammadiyah telah memberikan sumbangsihnya yang begitu besar bagi Indonesia. Sumbangsih yang besar itu secara signifikan tampak dalam bidang pendidikan, kesehatan, hingga ekomoni. Tak terhitung kader-kader terbaik Muhammadiyah yang menduduki peran strategis dalam jabatan public yang menuntut kompetensi dan integritas tinggi. Muhammadiyah pula selalu menjadi mitra pemerintah yang berperan sebagai motor sekaligus metronome (penyeimbangan); itulah yang kita baca pada sikap Muahammadiyah dalam isu-isu mutakhir kebangsaan seperti penanganan pandemic, UU Omnibuslaw, hinggga pilkada.


      Membicarakan Muhammadiyah tak bisa dipisahkan dari sosok karismatik, KH Ahmad Dahlan. Generasi bangsa hari ini mesti mengenal untuk kemudian meneladani watak pikiran terbuka Kiai Dahlan. Darinya, kita belajar format pendidikan modern ala Barat yang sekular (sebagai metode) dapat dihibrida dengan konsep pendidikan dalam perspektif Islam (sebagai substansi). Watak terbuka itu tentu saja harus dimaknai sebagai “siasah” untuk mencapai sebuah tujuan substantif, memanusiakan manusia, humanisme.


     SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto yang pada tahun ini genap berusia 51 tahun senantiasa menjadikan watak terbuka itu sebagai inspirasi dan spirit. Inspirasi dan spirit itu menjadi bahan bakar yang tak pernah habis dalam penyusunan program-program akademik dan nonakademik yang inovatif dan kreatif. Untuk menunjang terselenggaranya pendidikan itu, SMP Muhammadiyah memebekali diri dengan sumber daya manusia unggul yang memiliki watak pembelajar.


 


Penulis: Mufti Wibowo, staf pengajar di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto.


Editor : Dhimas W



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas