• header milad
  • header pahl

SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO TELAH MEMBUKA PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN AJARAN 2023/2024

Kontak Kami


SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO

NPSN : 20301881

Jl.Perintis Kemerdekaan NO.6 Purwokerto 53141


smpmuh1pwt@yahoo.com

TLP : (0281) 637782


          

Pencarian

Kunjungan MuOne ke SMP Muhammadiyah 1 Denpasar




MuOne News, Denpasar- Dalam rangka menjaga dan mempertahankan serta meningkatkan mutu dan kepercayaan masyarakat terhadap sekolah, pada akhir semester 1 tahun pelajaran 2023/2024, MuOne mengadakan studi banding ke salah satu sekolah di pulau Bali, yaitu SMP Muhammadiyah 1 kota Denpasar. Di pulau dewata ini, kunjungan dalam rangka studi banding dilangsungkan pada hari Jum'at, 8 Desember 2023 sekitar pukul 9.30. Tujuan studi banding ini, selain untuk mempererat tali silaturahmi, adalah saling sharing atau berbagi pengalaman pengelolaan sekolah untuk bersama-sama menjadi lebih maju. 



     Rombongan yang dipimpin oleh kepala sekolah, Drs. Bayu Santosa, hadir wakil kepala sekolah, Sri Rahayu Ningsih, M.Pd, komite sekolah, Marwoto Tripriyono, S.Pd, H. Nur Fauzi S.Hi, M.H, dan Ir. Hj. Ari Widayati beserta segenap guru dan karyawan dan peserta spesial yang saat ini menjabat komite sekolah pula, mantan kepala sekolah MuOne, Hj. Siti Ngatiatun, S.Pd. Sementara dari SMP Muhammadiyah 1 Denpasar hadir ketua Majelis Dikdasmen dan PNF PDM Kota Denpasar, Dr. Hamid, M.Si, kepala sekolah SMP Muhammadiyah 1 Denpasar, Mely Noor Rohmah, S.E., kepala sekolah SMP Muhammadiyah 2 Denpasar, Muhamad Sobry, S.Ag, M.Ag, wakil kepala bidang kesiswaan yang merangkap sebagai kepala lab sains beserta beberapa guru dan karyawan SMP Muhammadiyah 1 Denpasar. 


     Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an surat Ali Imron ayat 104 - 110 oleh salah satu murid SMP Muhammadiyah 1 Denpasar, yang walaupun masih kelas 7 namun mampu membacakan dengan sangat baik. Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh kepala sekolah SMP Muhammadiyah 1 Denpasar, sekaligus ketua Aisiyah Kota Denlpasar Mely Noor Rohmah, SE. Beliau menyampaikan bahwasanya beliau berbangga dengan kehadiran kepala sekolah, rombongan bapak ibu guru karyawan SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto dan komite sekolah."Suatu kunjungan yang luar biasa dari Purwokerto ke Denpasar. Kunjungan ini menjadi sarana kebaikan bersama", terang beliau. Kemudian sambutan yang kedua disampaikan oleh Dr. Hamid, MSi. Beliau yang menjabat sebagai ketua Majelis Dikdasmen dan PNF PDM Kota Denpasar menjelaskan bahwa ada 8 aum, yaitu 4 SD, 2 SMP, SMA dan SMK Muhammadiyah kota Denpasar. Beliau juga menjelaskan bahwa masjid K.H Ahmad Dahlan, masjid di SMP Muhammadiyah 1 Denpasar, menjadi salah satu pusat pelaksanaan ibadah karena tidak hanya warga sekolah yang memakmurkannya, namun juga masyarakat sekitar sekolah. "Harapannya sekolah SMP Muhammadiyah 1 Denpasar menjadi sekolah yang sejajar dengan sekolah sekolah yang ada di berbagai penjuru, sejajar dengan Jawa Tengah", harapan beliau. Kemudian beliau menutup sambutannya dengan hangat. "Tamu buat kami adalah anugerah, maka jika bapak ibu datang lagi ke Bali, jangan sungkan untuk menghubungi kami supaya ikatan silaturahmi tetap terjaga", pungkas beliau. 



     Sambutan ketiga disampaikan oleh komite sekolah MuOne, Marwoto Tripriyono, S Pd. Beliau menyampaikan bahwa tujuan datang ke Bali salah satunya adalah kunjungan ke SMP Muhammadiyah 1 Denpasar untuk studi banding. "Salah satu point Muktamar Muhammadiyah adalah silaturahmi antar AUM. Dari silaturahmi ini diharapkan saling berbagi pengalaman. Pengalaman sebagai minoritas di Bali namun sekolah Muhammadiyah bisa berdiri", terang beliau. Sambutan keempat disampaikan oleh Drs. Bayu Santosa, kepala sekolah SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. "Kunjungan yang dilakukan ke SMP Muhammadiyah 1 Denpasar adalah untuk studi banding dan saling sharing untuk kebaikan bersama", sambut beliau. Kemudian beliau memaparkan dengan slide power point hal-hal berkaitan dengan SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto secara lengkap. Beliau menyampaikan visi misi sekolah, program-program unggulan baik program kelas maupun Saturday Fun yang merupakan kegiatan ekstra kulikuler di hari Sabtu. Kemudian sambutan terakhir disampaikan oleh kepala sekolah SMP Muhammadiyah 2 Denpasar, Muhamad Sobry, S.Ag, M.Ag. Berawal saat itu belum banyak swasta muslim sehingga mampu menampung banyak murid dari masyarakat muslim. Namun, saat ini karena banyak sekolah berbasis muslim yang berdiri sehingga menjadi tantangan tersendiri untuk menarik hati masyarakat", sharing beliau. Kemudian beliau berbagi kiat untuk menarik minat masyarakat, yaitu memberikan pelayanan yang terbaik kepada orangtua dan juga calon murid dan memberikan program yang sesuai dengan kebutuhan siswa.


     Sesi berikutnya adalah sesi tanya jawab. Dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, kepala sekolah SMP Muhammadiyah 1 Denpasar, Mely Noor Rohmah, S.E menerangkan dalam menarik minat masyarakat terutama murid SD sekitar untuk datang dalam lomba yang diadakan. Hal yang menjadi sebab mengapa banyak peserta yang tertarik, salah satunya adalah peserta dapat mengikuti lomba tanpa mengeluarkan dana untuk biaya pendaftaran lomba. Kemudian dalam promosi disamoaikan apa yang telah dilakukan selama 6 bulan dan rencana 6 bulan ke depan. Kiat selanjutnya adalah murid-murid SD dapat datang berkunjung untuk mencoba berkegiatan di lab sains sebagai trial. Kemudian guna meningkatkan output yang berkualitas, diterangkan bahwa kegiatan baca tulis Al Qur'an bekerjasama dengan pihak luar yang berkompeten. Dan untuk murid-murid baru, kelas 7, berkegiatan mengaji dulu baru belajar mata pelajaran umum. 



     Rangkaian acara studi banding dan berbagi pengalaman pengelolaan sekolah berjalan dengan lancar. Sebagai penutup, kedua belah pihak dari SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto dan SMP Muhammadiyah 1 Denpasar saling memberikan cindera mata dan bingkisan hadiah.




 



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas